Thursday, August 20, 2015

Nyari Kerja itu Ga Gampang

Ketika masih kuliah ketika ditanya dah kerja atau belum simple ajah jawabnya, masih kuliah owh.. teng pundi teng UPI, Universitas padahal IKIP ya bgtulah UPI lebih dikenal IKIP di kalangan khalayak umum.. okeh fokus ke judul biar ga nglantur.. base on my experience hha sok english bgtt sih tpi gapapa cause english itu penting.. jadi memang ga gampang cari kerja tuh.. jadi bersyukurlah yang sudah bekerja, saya di sini mau berbagi pengalaman bahwa mencari kerja memang ga gampang tapi ga sulit juga bisa dibilang gampang-gampang sulit.. 

berawal dari bangku kuliah saya sudah terbiasa bekerja part time sebagai guru privat di wilayah bandung bahkan sampai saat ini saya dan teman2 sudah mempunyai lembaga sendiri di bandung yaitu EDUPEDIA, yah memang baru merintis selain itu saya juga di kampus bantu-bantu di lab jadi asisten lab dan bantu-bantu penelitian dosen, singkat cerita setelah melalui berbagai badai menghadang dalam perjuangan menyelesaikan tugas akhir dan skripsi akhirnya saya dinyatakan lulus pada tanggal 30 juni 2015 dari FPTK UPI Bandung, rasa senang campur gundah gulana berada dalam pikiran saat itu saya menjadi lulusan terbaik ke2, alhamdulillah prestasi yang cukup membanggakan, saya merasa senang karena bisa memperoleh gelar sarjana pendidikan yang seeloknya akan menjadi seorang guru, namun saya gundah gulana karena masih bingung kemana saya akan pergi mengarungi hidup dilingkungan selanjutnya yang belum saya tahu, namun saya yakin rencana Alloh adalah rencana terbaik dari segala rencana yang ada. karena sesungguhnya setelah wisuda justru tugas semakin berat apalagi kalau belum bekerja.

setelah dinyatakan lulus kebetulan pada saat bulan ramadhan sehingga saya memilih untuk rehat sejenak dan persiapan mudik, setelah lebaran seminggu saya kembali lagi ke Bandung untuk berburu pekerjaan, kebetulan di Bandung ada Jobfair ikutlah saya pada acara tersebut saya sebar cv saya ke perusahaan2 yang saya minati. ada sekitar 7-8 cv yang saya sebar dan di TKP saya sempat ikut psikotes juga di PT Kairos dan juga wawancara di EPSON. adapun perusahaan yang saya lamar diantaranya adalah Indomobil, central springbed, hypermart, alfamart, pocari, zurich, dan Trans7.

mulai dari kairos sempat ikut psikotes namun tidak ada kabar sampai detik ini, EPSON juga demikian pupus harapan untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut, padahal saya yakin di kairos sya kerjakan psikotes dengan baik namun untuk EPSON memang wawancara pake english jadi sya sudah pesimis duluan. Satu minggu setelah acara jobfair ada panggilan psikotes dari PT IMFI (Indomobil) di jakarta akhirnya saya ikut dan datang ke sana bareng kaka kebetulan ke jakarta juga hari ini, lumayan lebih hemat biaya hhhe 
langsung saya ke psikotes yang awalnya dijadwalkan jam 8.30 dimulai tepat pk 9. 00 - 11.30
waw lama juga ya, emang lama dan cukup menguras energi dan pikiran karena jenis tesnya sangat banyak dan beragam ( nanti saya share pengalaman psikotes di IMFI di posting selanjutnya)
setelah psikotes rehat sejenak dan hasilnya diumumkan juga hari itu dan...
jrengggg.. alhamdulillah no urut peserta saya tertera di sana waktu itu sya ambil posisi IS / IT padahal saya dari jurusan ELEKTRO pendidikan lagi alhamdulillah bisa lolos psikotes ajah sudah membanggakan karena waktu itu ada sekitar 20n peserta lebih kurang. dan hanya ada 9 org yang lolos psikotes dan lanjut wawancara HRD.. (wawancara HRD akan dipost dengan psikotest di postingan selanjutnya)
akhirnya jam 16.30 baru selesai wawancara HRD karena nunggunya yang cukup lama dan ternyata ada TES tentang ITnya juga berupa essay panjang dan study kasus (haduccch blm belajar ya sudah sebisanya saja, tidak ada pemberitahuan akan ada tes begituan heuuhh memang cukup sock dan membuat harapan semakin tipis)

finally suruh nunggu 14 hari kerja dan jika sudah lewat tidak awa panggilan maka dinyatakan belum sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. ... jadi sampai sekarang masih harap2 cemas

tidak sampai disitu walaupun dari sekian perusahaan yang dilamar di Jobfair ternyata baru satu perusahaan yang memanggil saya untuk mengikuti tes artinya baru satu yang lolos screening CV, waw luar binasa memang ga gampang nyari kerja... namun harus tetap semangan tekad saya adalah dapat kerja sebelum wisuda tgl 10 september 2015, selain ngelamar lewat jobfair sya juga lewat website karir perusahaan langsung, saya kirim lamaran ke NET. alhamdulilah sampai lolos PSIKOTES dan suruh nunggu untuk wawancara USER tapi sampai sekarang belum ada panggilan masih digantung.. gatau kpan,.. semoga segera dipanggil karena jujur ini yang sangat saya andalin dari PT yang lain, 

selain itu saya juga masih ngelamar ke PT lain yang memang ada lowongan seperti AHM, BCA lowongan sampai 31 Agustus 2015 masih dibuka dan juga pT lain saya lupa lagi karena saking banyaknya

dalah benak saya muncul pertanyaan besar... apakah dengan gelar SPd. bisa ke PT yang memang sesuai yang saya harapkan dengan gaji yang cukup ?????tunggu saya jawabannya setelah akhir dari pencarian kerja yang entah sampai kapan ujungnya dan semoga pertanyaan ini segera terjawab sesuai harapan penulis. harapan penulis saat ini adalah berharap segera mendapat panggilan wawancara NET. dan dapat menandatangani kontrak sebagai Audio Engineer Aminn ya rab...:) semangat para jobseeker, setiap manusia punya rejeki masing2, semuai sudah ditakdirkan kita harus terus berusaha untuk yang terbaik, mengutip pernyataan mas Wisnuthama founder NET. bahwa tiada yang sempurna di dunia ini namun berusaha menjadi sempurna adalah sebuah keharusan... 

3 comments: