Pengertian C ++
Bahasa C ++ adalah bahasa pemrograman yang sangat popular dalam dunia pengembangan perangkat lunak, C ++ merupakan bahasa pengembangan dari bahasa C. menurut Bjarne Stroustrup, dikembangkan atas dasar bahasa C karena :
· Dapat dihubungkan dengan bahasa tingkat rendah
· Berjalan dimanapun dan untuk masalah apapun
kompilasi dan eksekusi progam
3. 3. Compiler
|
fungsunya mengubah kode program yang telah dilewatkan ke preprosesor menjadi kode asembly
4. Assembler
Assembler mengubah kode assembly menjadi kode objek. Jika pada program tidak ada yang menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada library lain, maka kode objek akan langsung di eksekusi menjadi file exe.
5. Link editor
Fungsi dari link editor adalah mengkombinasi kode objek dengan library yang ada untuk dijadikan file exe.
Tipe data dasar
a. Tipe bilangan bulat
Tipe data ini digunakan untuk data-data yang tidak mengandung angka di belakang koma. Berikut adalah tipe data bilangan bulat :
Tipe Data
|
Ukuran dalam bit
|
Rentang
|
int
|
16 atau 32
|
-32.768 s.d 32.767 atau
-2,147,483,648 s.d 2,147,483,647
|
unsigned int
|
16 atau 32
|
0 s.d 65.535 atau
0 s.d 4,294,967,295
|
signed int
|
16 atau 32
|
Sama seperti int
|
short int
|
16
|
-32.768 s.d 32.767
|
unsigned short int
|
16
|
0 s.d 65.535
|
signed short int
|
16
|
Sama seperti short int
|
long int
|
32
|
-2.147.483.648 s.d 2.147.483.647
|
signed long int
|
32
|
Sama seperti long int
|
unsigned long int
|
32
|
0 s.d 4.294.967.295
|
b. Tipe bilangan riil
Tipe bilangan riil merepresentasikan data-data bilangan yang mengandung angka di belakang koma. Berikut adalah tipe data bilangan riil :
Tipe Data
|
Ukuran dalam bit
|
Presisi
|
float
|
32
|
6 digit presisi
|
double
|
64
|
15 digit presisi
|
long double
|
80
|
19 digit presisi
|
c. Tipe bilangan logika
Tipe data ini merepresentasikan data-data yang hanya mengandunga dua bilangan nilai, yaitu nilai logika (bolean).
d. Tipe karakter
Tipe data ini merepresentasikan data-data yang berupa karakter, yang dinyatakan tipe char. sedangkan untuk string atau kumpulan karakter dinyatakan sebagai pointer dari tipe char, yaitu ditulis char*. Berikut adalah tipe data dalam kategori ini yang didefinisikan oleh ANSI/ISO C++ standard :
Tipe Data
|
Ukuran dalam bit
|
Rentang
|
char
|
8
|
-128 s.d 127 atau 0 s.d 255
|
unsigned char
|
8
|
0 s.d 255
|
signed char
|
8
|
-128 s.d 127
|
pemilihan dengan kata kunci switch
Bentuk umum dari struktur percabangan switch adalah sebagai berikut :
switch (ekspresi) {
case nilai_konstan1 : statement_statment; break;
case nilai_konstan2 : statement_statment; break;
…….
case nilai_konstanN : statement_statment; break;
default
statement_statment alternatif;
}
Tipe data dari ekspresi di atas harus bilangan bulat atau karakter. Sedang untuk statement default berguna untuk mengeksekusi statement alternatif.
Penjelasan listing program
#include merupakan preprosesor dan <iostream> merupakan library standar pada C++ standar, using namespace std; merupakan compiler C++ standar sedangkan pada C++ klasik menggunakan namespace global. Int main merupakan fungsi utama dari program ini. system ("cls"); merupakan system clear screen yaitu untuk membersihkan layar apabila layar penuh. system ("color F9"); adalah system untuk member warna background dan huruf agar program lebih menarik. int pilihan; mendeklarasikan pilihan sebagai variable bilangan bulat, di program ini int pilihan; mendeklarasikan pilihan menu yaitu menu 1 kalkulator atau 2 luas bangun datar.
float G, Z, X; mendleklarasikan variable G, Z, X sebagai bilangan riil atau ada angka di belakang koma. Agar bisa melakukan perhitungan bilangan yang memiliki angka di belakang koma atau disebut bilangan desimal. Cout berfungsi untuk mencetak suatu kalimat pada layarsedangkan cin berfungsi untuk membaca yang diinputkan user melalui keyboard. Switch berfungsi untuk membuat percabangan atau pilihan menu. Return main () untuk kembali ke fungsi utama, return 0; untuk kembali ke system operasi. Untuk lebih jelasnya listing program bisa dilihan di lampiran.
Penjelasan kerja program secara singkat
Setelah file exe di run program akan muncul dengan dua pilihan menu yaitu
· Kalkulator
· Mengitung luas bangun datar
Dan program meminta user untuk memasukan pilihan menu kalkulator ataukah luas bangun datar.
Apabila yang dipilih kalkulator maka program akan lari ke case 1 yakni kalkulator yang di dalamnya terdapat menu perhitungan aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. User pun diminta memasukan pilihan. Apabila user memilih penjumlahan maka program akan lari ke case penjumlahan, apabila dipilih pengurangan maka akan lari ke case pengurangan begiti seterusnya.
Apabila user memilih menghitung bangun datar maka program akan lari ke case 2 yaitu perhitungan luas bangun datar. Kemudian program akan menampilkan menu pilihan bangun datar yang diinginkan yang ada pada menu pilihan. Di program ini yakni luas segitiga, persegi, persegi panjang, lingkarang dan trapezium. Program akan lari ke menu yang dipilih oleh user, seperti halnya pada kalkulator tadi di atas.
Setelah program menyelesaikan perhitungan yang di reques oleh user program menampilkan ‘apakah anda ingin kembali ke menu utama y/t ?’, jika y maka program akan kembali ke tampilan awan yang berupa pilihan menu yaitu kalkulator dan luas bangun datar. Apabila t maka program akan menampilkan ‘ TERIMAKASIH TELAH MENGGUNAKAN PROGRAM TANG TING TUNG’ press any key…..
Kesimpulan
Program sederhana ini dapat digunakan untuk membantu siswa SD dalam melakukan perhitungan-perhitungan sederhana baik itu operasi aritmatik atau menghitung luas suatu bangun datar, selain itu juga dapat dijadikan alat bantu dalam mengecek jawaban kita benar atau salah serta dapat dijadikan bahan untuk belajar.
Saran
Karena program ini masih sangat sederhana dan tampilannta masih berupa command promt, semoga banyak programmer diluar sana yang hatinya terbuka untuk membuat program sejenis ataupun menggembangkannya agar lebih menarik dan interaktif sehingga dapat dipergunakan untuk menunjang pembelajaran di dunia pendidikan.
Listing program
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
system ("cls");
system ("color F9");
int pilihan;
float G, Z, X;
char milih;
cout<<endl;
cout<<"SELAMAT DATANG DI DUNIA TANG TING TUNG"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Silahkan pilih menu yang kamu butuhkan"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"1. KALKULATOR "<<endl;
cout<<"2. MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukkan Pilihan Menu : "<<endl;
cin>>pilihan;
cout<<endl;
switch (pilihan) {
case 1 :
cout<<"KALKULATOR"<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Menu pilihan operasi aritmetik :"<<endl;
cout<<endl;
cout<<" 1 untuk penjumlahan"<<endl;
cout<<" 2 untuk pengurangan"<<endl;
cout<<" 3 untuk perkalian"<<endl;
cout<<" 4 untuk pembagian"<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
int P;
float G, Z;
cout<<"Masukan menu yang anda pilih = "; cin>>P;
cout<<endl;
cout<<"Masukan Angka Pertama = "; cin>>G;
cout<<"Masukan Angka Kedua = "; cin>>Z;
cout<<endl;
switch (P) {
case 1 : cout<<"Hasil dari "<<G<<" + "<<Z<<" = "<<G+Z;
break;
case 2 : cout<<"Hasil dari "<<G<<" - "<<Z<<" = "<<G-Z;
break;
case 3 : cout<<"Hasil dari "<<G<<" * "<<Z<<" = "<<G*Z;
break;
case 4 : cout<<"Hasil dari "<<G<<" / "<<Z<<" = "<<G/Z;
break;
}
cout<<endl;
break;
case 2 :
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR"<<endl;
cout<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Menu Pilihan untuk Mencari Luas"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"1 Mencari Luas Segitiga"<<endl;
cout<<"2 Mencari Luas Persegi"<<endl;
cout<<"3 Mencari Luas Persegi Panjang"<<endl;
cout<<"4 Mencari Luas Lingkaran"<<endl;
cout<<"5 Mencari Luas Trapesium"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukan menu yang anda pilih = ";cin>>P;
cout<<endl;
switch (P)
{
case 1 : cout<<"Panjang alas = ";cin>>G;
cout<<"Tinggi = ";cin>>Z;
cout<<endl;
cout<<"Luas segitiga = "<<(G*Z)/2;
cout<<endl;
break;
case 2 : cout<<"Sisi = ";cin>>G;
cout<<endl;
cout<<"Luas kubus = "<<G*G;
cout<<endl;
break;
case 3 : cout<<"Panjang = ";cin>>G;
cout<<"Lebar = ";cin>>Z;
cout<<endl;
cout<<"Luas persegi = "<<G*Z;
cout<<endl;
break;
case 4 : cout<<"Jari-jari = ";cin>>G;
cout<<endl;
cout<<"Luas lingkaran = "<<(G*G)*22/7;
cout<<endl;
break;
case 5 : cout<<"Panjang sisi atas = ";cin>>G;
cout<<"Panjang alas = ";cin>>Z;
cout<<"Tinggi = ";cin>>X;
cout<<endl;
cout<<"Luas Trapesium = "<<((G+Z)/2)*X;
cout<<endl;
}
cout<<endl;
}
cout<<endl;
cout<<"Kembali ke Menu Utama (y/t) : "; cin>>milih;
switch (milih) {
case 'y' :
return main();
break;
case 't' :
cout<<endl;
cout<<"TERIMA KASIH TELAH MENGGUNAKAN TANG TING TUNG"<<endl;
cout<<endl;
break;
}
system ("pause");
}
</span>
No comments:
Post a Comment