Pages

Kamis, 30 Juni 2011

Peran dan Fungsi Mahasiswa



1.                               Sebagai Iron Stock
Mahasiswa harus mampu menjadi pengganti orang-orang yang memimpin pemerintahan nantinya, artinya mahasiswa akan menjadi generasi penerus pemimpin bangsa ini.
2.                             Agent of Change
Mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan maksudnya bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.
3.                           Social Control
 Mahasiswa harus mampu mengontrol social yang ada di lingkungan sekitar. Jadi selain pintar
dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi di lingkungannya.
4.                           Sebagai Moral Force
Berbagai kegiatan mahasiswa dalam kancah pergerakan nasional yang dilandasi oleh moral force telah tercantum dalam sejarah Indonesia. Banyak sekali kiprah mahasiswa yang telah menorehkan tinta emas bagi perjuangan bangsa. Dimulai dengan pergerakan Budi Utomo tahun 1908, kemudian dilanjutkan dengan sumpah pemuda tahun 1928 dan puncaknya tahun 1945 dimana mahasiswa pada masa itu memegang motor kendali bagi terlaksananya proklamasi kemerdekaan Indonesia.
Tak cukup sampai disitu, pasca proklamasi kemerdekaan mahasiswa masih tetap memegang idealism yang tinggi untuk tetap membela kepentingan rakyat. Halite dibuktikan dengan peristiwa jatuhnya orde lama pada tahun 1966. Mahasiswa terus melakukan tugasnya yaitu mengawasi jalannya pemerintahan, mereka tetap setia kepada bangsa dan Negara. Mereka tidak akan rela jika tanah air mereka digadaikan. Mereka akan terus berjuang walaupun jiwa raga mereka taruhannya. Tergulingnya rezim orde baru yang ditandai dengan mundurnya Suharto dari kursi kepresidenan pada 21 mei 1998 adalah salah satu bukti perjuangan mereka yang tak kenal menyerahdan tetap fanatic dengan gelar mahasiswanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar