Thursday, October 13, 2011

Belajar dan Pembelajaran Teknik Elektro

PENATARAN DI SEKOLAH

1.      Penataran adalah suatu kegiatan dalam usaha untuk mengadakan peningkatan
2.      Yang mendasari penataran di sekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan / tugas guru sebagai pendidik ( tugas personal guru, tugas manusiawi guru, tugas kemasyarakatan guru )
3.      Tujuan penataran  di sekolah terdiri dari tujuan umum dan tujuan khusus
4.      Kegiatan penataran di sekolah dapat berupa : kursus-kursus, workshop, konferensi, pertukaran informasi, perjalanan wisata untuk perbandingan pendidikan, studi banding, konsultasi pribadi atau panel para ahli, pengimbasan, pameran da pergelaran, mendukung program inovasi dan penelitian dalam kelompok atau individumendorong guru dalam membantu kreativitas siswa, pengembangan penataran, mendukung untuk penelitian dalam kegiatan penataran.
5.      Pelaksanaan penataran di sekolah mulai dari upacara pembukaan, pemantauan, revise program sesuai kondisi, jurnal kegiatan, evaluasi, sampai dengan tindak lanjut
6.      Dalam mendesain penataran disekolah missal dalam bentuk workshop ada beberapa pokok masalah yang harus dipertimbangkan yaitu : peserta, kebutuhan, tujuan umum, tujuan khusus, waktu yang diperlukan, tempat, isi workshop, kegiatan, sumber, dan evaluasi
7.      Kegiatan-kegiatan dalam penyajian penataran dapat berupa ceramah, ceramah bervariasi, panel/diskusi, debat, film ( gambar hidup ), demonstrasi, pita video, demonstrasi dan politik, membaca perorangan, baca dan diskusi, diskusi kelompok, kelompok buzz, brain storming, studi kasus, in basket, memainkan peranan, simulasi.
PENILAIAN

1.      Dalam pelaksanaan penilaiaan kita akan menemukan istilah : mengukur dan menilai, skor dan nilai, assessment dan evaluasi, serta tes
2.      Cirri-ciri tes yang baik sebagai alat ukur dalam rangka penilaian yaitu valid (benar), reabilitas (dapat dipercaya), objektivitas (tidak ada unsure pribadi yang mempengaruhi), praktibilitas (praktis), ekonomis (hemat)
3.      Tujuan peniliaan dibagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus
4.      Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian
a. Pengumpulan informasi yang diperoleh dari : hasil tulisan siswa, jawaban siswa terhadap pertanyaan-pertanyaan tulis/lisan, sumbangan pikiran dalam diskusi, dan lain sebagainya
b. Prinsip-prinsip penilaian hasil belajar dibagi menjadi lingkup kegiatan (penilaian terhadap proses atau hasil ) dan asas pelaksanaan (objektif, menyeluruh dan berkesinambungan)
c. Ada 6 jenis penilaian yaitu penilaian formatif, penilaian subsumatif, penilaian sumatif, penilaian diagnotik, penilaian ko-kurikuler, dan penilaian ekstrakurikuler
d.referenced dalam penilaian yaitu norm referenced yaitu untuk mengetahui kedudukan anak terhadap anak yang lain, criterian referenced yaitu untuk memenuhi standar yng sudah ditentukan, dan self referenced yaitu untuk membandingkan kemampuan anak sebelum proses belajar mengajar
d. Analisa butir soal
Soal dikatakan baik dapat dilihat dari 2 unsur yaitu dari taraf  kesukaran dan daya pembeda. Soal yang baik taraf  kesukarannya tidak terlalu sulit dan tidak juga terlalu mudah, serta soal yang baik adalah soal yang memiliki daya pembeda yaitu soal yang hanya bisa dijawab oleh siswa yang pandai.
e. Langkah pelaksanaan analisa butir soal yang dilakukan PKG :
-  Jawaban siswa disusun dari nilai tertinggi ke nilai terendah
- Dibagi 3 kelompok sama besar (Apabila data  < 100 maka hanya dibagi 2             kelompok sedang kalau > 100 dibagi 3 kelompok
- Tiap 1/3 bagian dibuat option siswa untuk tiap soal
- Bila option siswa > = 5% maka option itu dinyatakan baik, dan bila < 5% option itu ditinjau kembali



PENGELOLAAN SEKOLAH

Sekolah sebagai organisasi memiliki unsur-unsur seperti : manusia, tujuan, tugas, wewenang, struktur, hubungan, formalitas, dan sarana.
Pengelolaan Sekolah dibagi kedalam 3 bagian yaitu :
1.      Pengelolaan Administrasi
a.       administrasi kesiswaan,
b.      administrasi personalia,
c.       administrasi keuangan,
d.      administrasi perlengkapan,
e.       pengelolaan perpustakaan sekolah,
f.       pengelolaan Lab.,
g.      pengelolaan ruang ketrampilan,
h.      administrasi persuratan,
i.        administrasi hubungan masyarakat,
j.        administrasi kegiatan belajar mengajar,
k.      pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan,
l.        pembinaan wawasan wiyata mandala dan 6K



2.      pengelolaan Menejemen
a.       Perencanaan
b.      Pengorganisasian
c.       Penggerakan
d.      Pengawasan
3.      Kedudukan, Tugas, dan Peranan Kepala Sekolah
4.      Kedudukan, Tugas, dan Peranan Guru

No comments:

Post a Comment