PENATARAN DI SEKOLAH
1. Penataran
adalah suatu kegiatan dalam usaha untuk mengadakan peningkatan
2. Yang
mendasari penataran di sekolah yaitu untuk meningkatkan kemampuan / tugas guru sebagai
pendidik ( tugas personal guru, tugas manusiawi guru, tugas kemasyarakatan guru
)
4. Kegiatan
penataran di sekolah dapat berupa : kursus-kursus, workshop, konferensi,
pertukaran informasi, perjalanan wisata untuk perbandingan pendidikan, studi
banding, konsultasi pribadi atau panel para ahli, pengimbasan, pameran da
pergelaran, mendukung program inovasi dan penelitian dalam kelompok atau
individumendorong guru dalam membantu kreativitas siswa, pengembangan
penataran, mendukung untuk penelitian dalam kegiatan penataran.
5. Pelaksanaan
penataran di sekolah mulai dari upacara pembukaan, pemantauan, revise program
sesuai kondisi, jurnal kegiatan, evaluasi, sampai dengan tindak lanjut
6. Dalam
mendesain penataran disekolah missal dalam bentuk workshop ada beberapa pokok
masalah yang harus dipertimbangkan yaitu : peserta, kebutuhan, tujuan umum,
tujuan khusus, waktu yang diperlukan, tempat, isi workshop, kegiatan, sumber,
dan evaluasi
7. Kegiatan-kegiatan
dalam penyajian penataran dapat berupa ceramah, ceramah bervariasi,
panel/diskusi, debat, film ( gambar hidup ), demonstrasi, pita video,
demonstrasi dan politik, membaca perorangan, baca dan diskusi, diskusi
kelompok, kelompok buzz, brain storming, studi kasus, in basket, memainkan
peranan, simulasi.
PENILAIAN
1. Dalam
pelaksanaan penilaiaan kita akan menemukan istilah : mengukur dan menilai, skor
dan nilai, assessment dan evaluasi, serta tes
2. Cirri-ciri
tes yang baik sebagai alat ukur dalam rangka penilaian yaitu valid (benar),
reabilitas (dapat dipercaya), objektivitas (tidak ada unsure pribadi yang
mempengaruhi), praktibilitas (praktis), ekonomis (hemat)
3. Tujuan
peniliaan dibagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus
4. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam penilaian
a. Pengumpulan
informasi yang diperoleh dari : hasil tulisan siswa, jawaban siswa terhadap
pertanyaan-pertanyaan tulis/lisan, sumbangan pikiran dalam diskusi, dan lain
sebagainya
b. Prinsip-prinsip
penilaian hasil belajar dibagi menjadi lingkup kegiatan (penilaian terhadap
proses atau hasil ) dan asas pelaksanaan (objektif, menyeluruh dan
berkesinambungan)
c. Ada 6 jenis
penilaian yaitu penilaian formatif, penilaian subsumatif, penilaian sumatif,
penilaian diagnotik, penilaian ko-kurikuler, dan penilaian ekstrakurikuler
d.referenced dalam
penilaian yaitu norm referenced yaitu untuk mengetahui kedudukan anak terhadap
anak yang lain, criterian referenced yaitu untuk memenuhi standar yng sudah
ditentukan, dan self referenced yaitu untuk membandingkan kemampuan anak
sebelum proses belajar mengajar
d. Analisa butir soal
Soal dikatakan baik
dapat dilihat dari 2 unsur yaitu dari taraf kesukaran dan daya pembeda. Soal yang baik
taraf kesukarannya tidak terlalu sulit
dan tidak juga terlalu mudah, serta soal yang baik adalah soal yang memiliki
daya pembeda yaitu soal yang hanya bisa dijawab oleh siswa yang pandai.
e. Langkah pelaksanaan
analisa butir soal yang dilakukan PKG :
- Jawaban siswa disusun dari nilai tertinggi ke
nilai terendah
- Dibagi 3 kelompok
sama besar (Apabila data < 100 maka
hanya dibagi 2 kelompok
sedang kalau > 100 dibagi 3 kelompok
- Tiap 1/3 bagian
dibuat option siswa untuk tiap soal
- Bila option siswa
> = 5% maka option itu dinyatakan baik, dan bila < 5% option itu ditinjau
kembali
PENGELOLAAN SEKOLAH
Sekolah
sebagai organisasi memiliki unsur-unsur seperti : manusia, tujuan, tugas,
wewenang, struktur, hubungan, formalitas, dan sarana.
Pengelolaan
Sekolah dibagi kedalam 3 bagian yaitu :
1. Pengelolaan
Administrasi
a. administrasi
kesiswaan,
b. administrasi
personalia,
c. administrasi
keuangan,
d. administrasi
perlengkapan,
e. pengelolaan
perpustakaan sekolah,
f. pengelolaan
Lab.,
g. pengelolaan
ruang ketrampilan,
h. administrasi
persuratan,
i.
administrasi hubungan masyarakat,
j.
administrasi kegiatan belajar mengajar,
k. pelaksanaan
bimbingan dan penyuluhan,
l.
pembinaan wawasan wiyata mandala dan 6K
2. pengelolaan
Menejemen
a. Perencanaan
b. Pengorganisasian
c. Penggerakan
d. Pengawasan
3. Kedudukan,
Tugas, dan Peranan Kepala Sekolah
4. Kedudukan,
Tugas, dan Peranan Guru
No comments:
Post a Comment